Langsung ke konten utama

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Kasir

Sebelum anda memutuskan membeli sebuah aplikasi kasir aplikasi tokosoftware kasir atau program kasir dari developer manapun (termasuk software-id), ada beberapa hal yang perlu dan wajib untuk Anda perhatikan. Jangan sampai  terburu-buru dalam memutuskan.


Berapa banyak para penyedia aplikasi kasir menawarkan aplikasinya kepada klien dengan layanan after sales yang baik, tapi akhirnya malah merugikan diri sendiri karena banyak dari beberapa oknum developer tidak bertanggung jawab atas keluhan klien-klienya. Waktu sudah banyak terbuang dalam mengurus aplikasi tersebut dan juga uang yang pada akhirnya sia-sia, program tidak bisa dipergunakan sebagaimana yang anda harapkan.

Berikut adalah hal yang harus jadi pertimbangan :

  1. Jika anda sebelumnya sudah menggunakan aplikasi kasir, kemudian ingin mengganti ke aplikasi kasir yang baru pastikan aplikasi kasir yang baru tersebut lebih baik dari yang lama, jangan hanya capek-capek ganti program ternyata malah kualitasnya sama ataupun masih bagus yang lama.
  2. Pastikan pihak developer (penyedia layanan aplikasi, atau penjual software tersebut) memberikan kebebasan untuk mencoba dulu aplikasi kasir yang akan anda beli, terkadang developer hanya menyajikan video, manual book atau tampilan-tampilan saja, atau proporsal yang menjelaskan fitur ini dan itu. Pastikan aplikasi kasir tersebut bisa anda coba dulu sebelum membeli, jadi bisa tau cocok atau tidak dengan kebutuhan anda.
  3. Pahami bahasa marketing, contoh : kelebihan aplikasi kasir ini dibandingkan dengan yang lain, coba di telaah kembali jangan-jangan kelebihan yang disebutkan itu sebenarnya memang merupakan  fitur dasar yang memang harus ada di aplikasi kasir penjualan kasir contoh : bisa motong stok otomatis, bisa membaca barcode, bisa cetak nota, dsb. 
  4. Tanyakan layanan support dan garansinya, jika suatu saat terjadi masalah harus menghubungi siapa ? kemudian untuk jaga-jaga jika suatu saat programmernya atau pembuat program tidak ada ditempat apa solusinya seperti apa? pastikan aplikasi kasir yang dibeli tersebut menjadi hak milik anda sendiri, aplikasi kasir bisa anda install dan setting sendiri tanpa harus repot menghubungi programmernya dulu.
  5. Pastikan installasi dan seting aplikasi kasir tersebut tidak rumit, sehingga walaupun seandainya tanpa programmernya pun anda bisa install sendiri karena installnya mudah, tidak harus install ini itu dulu agar aplikasi kasirnya jalan, cukup 1 file install autoconfiguration (anda tidak perlu repot install) karena anda membeli aplikasi kasir agar lebih mudah bukan untuk direpotkan.
  6. Layanan import dan export datanya, jika anda sudah punya data dari aplikasi kasir yang lama (untuk pengguna yang sudah pakai sebelumnya) ataupun yang belum pakai, apakah bisa aplikasi kasir tersebut import data langsung sekaligus sehingga anda tidak perlu repot lagi input data satu2 jika sudah punya file dalam bentuk ecxels atau lainnya.
  7. Fitur yang disediakan harus bisa memenuhi semua kebutuhan anda, dalam 1 file installasi pastikan jika seandainya suatu saat metode diskon atau set harga berubah di toko, aplikasi kasir sudah mendukung ke arah sana, karena bisa mungkin saja konsep diskon atau pengaturan harga suatu saat berubah sedangkan aplikasi kasir yang disediakan tidak mensupport di bagian tersebut.
  8. Apakah ada layanan akses jarak jauh, contoh anda sedang berada diluar kota, bisa atau tidak transaksi diakses dari luar via internet atau melalui webreport.
  9. Apakah aplikasi kasir yang akan dibeli tersebut sudah teruji kemampuannya dalam menangani transaksi yang besar (big database), karena sistem database setiap hari akan membesar seiring dengan nominal transaksi yang ada di toko apalagi jika anda tidak pernah melakukan clear database secara periodik. 
  10. Tanyakan sudah berapa banyak digunakan, karena semakin banyak yang menggunakan otomatis aplikasi kasirnya semakin bagus dan stabil, jangan membeli aplikasi kasir yang baru jadi karena biasanya aplikasi kasir yang baru jadi tersebut masih banyak kekurangannya atau errornya, yang nantinya mungkin akan diperbaiki sambil berjalan (TRY On error), otomatis yang seperti ini akan membuat anda repot.
  11. Mengenai lisensi, jika suatu saat komputernya ganti hardware karena rusak atau karena pengen ganti trus masalah lisensinya gimana. Apakah bisa untuk banyak komputer atau cuma untuk 1 komputers aja (klo suatu saat komputer rusak, harus beli lisensi lagi atau tidak).
  12. Support hardware pendukung, aplikasi kasir yang dibeli harus bisa support hardware seperti barcode, miniprinter, pole display.
  13. Backup datanya mudah, tersedia atau tidak. jika suatu saat komputer rusak otomatis data yang sudah ada harus dipindahkan ke komputer baru, dengan adanya fasilitas backup tersebut maka data tinggal dipindahkan ke komputer yang baru tanpa harus input ulang lagi dari awal, apalagi jika yang sudah ada transaksi hutang piutang dan lainnya, jika sempat hilang maka akan lebih repot.
  14. Ada layanan update (customnya) atau tidak, update ini sangat diperlukan karena aplikasi kasir tidak mungkin dong gitu gitu melulu, harus bisa ini itu sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Toko untuk Bisnis Toko Kelontong

Membuka toko kelontong memang membutuhkan perencanaan yang baik dan manajemen yang baik. Kesabaran dan kecermatan mengatur manajemen menjadi kunci sukses bisnis toko kelontong. Buat arsip catatan yang jelas dan terukur agar usaha warung sembako anda bisa bertahan dan sukses di masa mendatang. Jika anda sedang berniat wirausaha, maka membuka toko kelontong adalah salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan. Dalam usaha warung kelontong, setelah anda mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, kemudian anda harus menyiapkan stok barang yang akan dijual di toko Anda. Untuk info lanjut tentang  Database toko  hubungi Kami via WA/SMS/Phone: 082391280137 Hal-hal yang Harus Dipersiapkan  1. Etalase kaca ukuran 2 m kita estimasi menghabiskan dana: Rp2.000.000 2. Lemari Showcase Pendingin kurang lebih Rp3.500.000 3. Timbangan analog anda bisa membuat badget Rp300.000 4. Kalkulator penghitung Rp50.000 5. Galon Aqua 10x@Rp.35.000 Rp350.000 6. Tabung Elpiji 3...

Sistem Penjualan Barang dengan Akses Internet

Dalam sebuah perusahaan tidak terlepas dari hal-hal yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri. Contohnya seperti kurang memperhatikan pembukuan ataupun laporan keuangan. Mungkin karena kita beranggapan bahwa usaha yang dijalankan masih belum perlu pembukuan yang akurat. Sehingga untuk kedepannya akan mempengaruhi kebijakan untuk mengatasi permasalahan di masa yang akan datang. Manajemen perusahaan dalam melakukan segala aktivitas dan keputusannya selalu berdasarkan pada data dan informasi yang ada. Maka dari itu sudah sepatutnya agar sebuah perusahaan memiliki sebuah sistem penjualan barang yang datanya selalu update secara realtime, karena jika tidak akan mengganggu keefektifan dan efisiensi dari pergerakan perusahaan tersebut. Untuk info lanjut tentang sistem penjualan barang  hubungi Kami via WA/SMS/Phone:  0823 9128 0137 ,   0813 9025 2589 , atau   0821 3303 8180 Kelebihan sistem penjualan barang yang kami tawarka...

Tips Penataan Barang di Counter Handphone

Bisnis counter hp baik kecil maupun besar tidak menutup kemungkinan bisnis counter hp yang anda jalan akan berkembang pesat bahkan menjadi distributor untuk yang lainya. Sekarang perkembangan teknologi semakin canggih dan modern. Mesin, internet dan telepon adalah merupakan hal sangat diminati dalam kehidupan kita dan telah mengalami peningkatan yang luar biasa. Contohnya laptop, tablet, kamera dan smartphone adalah barang yang sangat di sukai oleh semua usia. Dari keempat barng tersebut yang paling familiar adalah smartphone atau ponsel. Sehingga saat ini bisnis ponsel (hp) di semua daerah sangat ramai sekali. Jika anda salah satu pelaku bisnis counter hp, maka perhatikan cara penataan barang di counter hp anda, supaya barang dagangan anda laris manis. Berikut tips Penataan Barang di Counter Handphone Gunakan etelase kaca penuh supaya tidak ada sudut yang tertutup. Jangan ada tempelan keterangan di kaca etalase, karena mengganggu pandangan pelanggan. ...